Review Film Extraction Persembahan dari Netflix



Diawali dengan scene perumahan di Bangladesh dan seseorang sedang terpojok dalam baku tembak di jembatan...

Extraction (2020) merupakan film garapan Netflix yang bercerita tentang penculikan anak dari seorang gangster bandar narkoba di India yang bernama Ovi Mahajan. Saju, orang yang dipercaya untuk menjaga anak tersebut, mulai merencanakan misi penyelamatan dengan menyewa pembunuh bayaran. Tyler (Chris Hemsworth) dan t eman-temannya menima misi ini dan mereka berangkat ke India. Pada awalnya misi ini tampaklah mudah, namun setelah Tyler dan Ovi hendak menuju ke kapal, ada seseorang yang membuntuti mereka.

Pada scene-scene awal saat menonton film ini, saya kira alur ceritanya ini akan memiliki plot twist yang klise, yaitu tim pembunuh bayaran yang disewa namun ternyata mereka dijebak dengan adanya pembatalan transaksi secara tiba-tiba dan Saju yang mulai memburu sehingga membuat penonton bertanya-tanya siapa musuh sebenarnya. Namun akhirnya praduga tersebut salah ketika Tyler memutuskan untuk membantu Ovi dan memberitahukan keberadaan dirinya dan Ovi kepada Saju. Sehingga sampai scene tersebut dapat disimpulkan bahwa Saju adalah sekutu dalam penyelamatan Ovi.

Selanjutnya, kita tahu bahwa stereotip yang melekat pada pembunuh bayaran yaitu watak yang berdarah dingin dan hanya peduli pada imbalan, namun hal ini tidak berlaku pada Tyler. Memiliki penyesalan akan kematian anaknya, Tyler memutuskan untuk menyelamatkan Ovi sehingga ia dapat menebus penyesalannya. Meskipun jika dipikirkan secara logika, keselamatan Ovi tidak akan memeberinya keuntungan apapun, namun naluri seorang ayah masih mengalir dalam diri Tyler yaitu adanya kewajiban untuk melindungi anaknya.

Daya tarik dalam film ini sebenarnya terdapat pada setting filmnya yang berada di India dan Bangladesh. Disini dapat kita lihat adanya ketimpangan sosial antara Ovi, anak dari atasan gangster bandar narkoba di India yang bisa menikmati pendidikan formal dan Farhad, anak yang menjadi bawahan gangster bandar narkoba di Bangladesh demi bertahan hidup. Hal ini menunjukkan bahwa kesejahteraan sosial anak-anak tidaklah merata, sehingga yang miskin tidak memiliki kesempatan untuk memerjuangkan kualitas hidup mereka agar menjadi lebih baik.

Sekian review dari saya, silakan teman-teman bisa menonton film Extraction di Netflix. Selanjutnya teman-teman bisa berbagi opini di kolom komentar ya.....

Komentar

Postingan Populer